Kamis, 30 September 2010

Pisau Tertancap di Kepala Dioperasi Setelah 3 Tahun

img
Edeilson Nascimento (msnbc)
Sao Paulo, Brazil, Sulit dipercaya bila ada pisau tertancap di kepala selama 3 tahun, tapi hal tersebut benar-benar terjadi pada seorang pria asal Brasil. Pisau sepanjang 4 inci atau sekitar 10 cm tertancap di kepalanya dan baru dioperasi 3 tahun kemudian.

Edeilson Nascimento (29 tahun), seorang tukang reparasi ban dari Brasil, adalah pria yang mengalami peristiwa ajaib tersebut. Kini ia sudah mulai pulih setelah operasi untuk mengangkat pisau sepanjang 10 cm dari kepalanya.

Pisau tersebut sudah ada di kepalanya sejak 3 tahun yang lalu karena peristiwa perkelahian di bar. Setelah perkelahian pada tahun 2007, dokter sudah berusaha untuk mencabut pisau tersebut, gagang pisau terlepas tetapi mata pisau sepanjang 10 cm tetap tertancap di kepalanya.

Sebelumnya, dokter bedah sempat khawatir operasi tersebut dapat menyebabkan kerusakan otak. Oleh karena itu, pisau tidak langsung dikeluarkan dari kepala sesaat setelah serangan.

Meskipun operasi disertai dengan risiko, namun Nascimento sangat ingin melakukannya setelah menderita sakit kepala selama 3 tahun terakhir.

"Lokasi pisau yang berada di bagian bawah lobus frontal memungkinkan Nascimento terhindar dari risiko berat akibat pisau itu," jelas Dr Warren R. Selman, Ketua Departemen bedah saraf di University Hospitals Case Medical Center, seperti dilansir dari Aolhealth, Selasa (28/9/2010).

Menurut Dr Selman, bagian otak tersebut bertanggung jawab untuk mengatur hal-hal kepribadian dan lainnya, tetapi bukan fungsi besar seperti motorik atau bicara.

Dr Selman yang tidak mengobati atau memeriksa Nascimento, setuju dengan keputusan awal untuk tetap meninggalkan pisau di kepalanya setelah serangan. "Pisau dapat memotong pembuluh darah bila langsung dicabut setelah serangan dan bisa sangat berakibat fatal," jelas Dr Selman.

Dr Selman mengatakan bahwa pisau tersebut hanya boleh dicabut setelah pasien dalam situasi terkendali. Terlebih lagi, harus ada ahli bedah saraf yang telah terlatih untuk melakukan pembedahan.

Kini, Nascimento masih dirawat di sebuah rumah sakit di kota Recife hingga minggu depan setelah menjalani operasi selama 3 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar